Senin, 23 Januari 2017

Penyebab Perut Kembung Pada Bayi

Penyebab Perut Kembung Pada Bayi

Perut kembung adalah sebuah keadaan yang bisa dialami oleh siapa saja, baik orang dewasa, anak-anak bahkan bayi. Perut kembung tentunya memberikan efek rasa yang tidak nyaman bagi siapa saja yang mengalami. Nah, anda tentu sudah bisa membayangkan bagaimana kalau si kecil yang mengalami perut kembung ini. Perut kembung pada bayi tentunya membuat ia merasa tidak nyaman sehingga rewel dan menangis. Nah, jika ibu mengetahui kondisi si kecil yang terus menangis walaupun mencoba untuk mengganti popoknya ataupun mencoba menggendongnya, ibu perlu cek kondisi perutnya. Karena bisa jadi rewel dan tangisan si kecil disebabkan karena perutnya yang kembung. Salah satu ciri yang bisa diperhatikan oleh ibu adalah kondisi perut bayi terasa keras dan lebih sering buang angin. Bisa juga ibu melakukan pengecekan dengan menepuk ringan perutnya. Jika terdengar bunyi kembung maka besar kemungkinan memang si kecil mengalami perut kembung.

Perut kembung pada bayi dapat terjadi karena beberapa hal. Mulai dari karena makanan yang dikonsumsi oleh ibu. Ini bisa terjadi pada bayi yang masih mendapatkan ASI. Produksi ASI dapat menjadi salah satu penyebab perut bayi kembung. Maka dari itu penting untuk ibu selalu menjaga asupan makanan setiap harinya. Hindari makanan-makanan yang akan mampu membentuk gas saat setelah dicerna. Seperti contohnya kacang. Selain dari konsumsi ibu yang menyusui, perut kembut yang dialami oleh si kecil juga bisa disebabkan karena asupan makanan si kecil yang kurang terjaga dengan baik. 

Bayi baru diperbolehkan untuk makan makanan lain pendamping ASI saat usianya sudah memasuki 6 bulan. Nah, ini ibu penting untuk memperhatikan asupan makanannya setiap hari. Salah satunya adalah memperhatikan banyaknya sayuran. Memang sayur sehat, tetapi jika si kecil mengkonsumsinya dalam jumlah berlebih hal ini bisa menjadi penyebab perut kembung pada bayi. Salah satunya adalah brokoli, sayuran sehat ini apabila dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak dapat menyebabkan bayi mengalami perut kembung.

Ketika bayi belum berusia 6 bulan, ia hanya diperbolehkan untuk mendapatkan asupan gizi dari pemberian ASI secara eksklusif saja. Minuman lain seperti air putih, jus buah, jus sayur atau bahkan susu formula yang dikonsumsi oleh bayi pada usia dibawah 6 bulan dapat meningkatkan kemungkinan ia sulit dalam membuang gas dari perutnya sehingga ini bisa menyebabkan perut kembung. Nah, untuk mencegah terjadinya perut kembung pada si kecil, ibu bisa memberikan Zwitsal Minyak Telon yang memiliki formula untuk menghangatkan tubuh bayi dan mampu menghindarkan dari masalah perut kembung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar